Beberapa Untaian Faedah Menebar Salam,

1. Sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah dan juga kepada Rasulnya sallallahu alaihi wa sallam.

2. Menunjukan Tanda Kuatnya Iman Penebarnya.
Sahabat Ammar bin Yaasir Radiallahu ‘anhu pernah berkata, “Ada tiga hal yg jika terkumpul dalam jiwa seorang hamba maka ia telah menyatukan keimanan dalam hatinya, bersikap adil terhadap diri sendiri, menebarkan salam kepada semua manusia, berinfaq dikala takut miskin”. (HR. Bukhari dan di Shahihkan oleh Sheikh Albani)

3. Menafikan Sifat Kikir Dari Jiwa Seorang Hamba.

Nabi sallallahu alihi wa sallam pernah bersabda,

أَبْخَلُ النَّاسِ ، مَنْ بَخِلَ بِالسَّلام

“Orang yang paling kikir adalah orang yang pelit terhadap salam”. (HR. Thobroni dan di hasankan oleh Sheikh Albani).

4. Menunaikan Hak Sesama Muslim.

Nabi sallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda,

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ قِيلَ : مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ ؟ قَالَ : إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ

Hak sesama muslim itu ada enam hal diantaranya, “Jika engkau berpapasan dengannya engkau tebarkan salam kepadanya…” (HR. Muslim)

5. Orang Yang Paling Dekat Dengan Pertolongan Allah.

Nabi sallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda, “Yang paling dekat dengan pertolongan Allah adalah yg memulai menebarkan salam“. (HR. Abu Dawud, dan di kuatkan oleh Sheik Bin Baz)

6. Menebarkan Salam Itu Setara Dengan Pahala Sedekah.

Nabi sallallahu alaihi wa sallam berkata: “Sapaan salam mu kepada manusia itu dapat menuai pahala sedekah“. (HR. Ahmad, di Shahihkan oleh Sheikh Albani)

7. Membuahkan Pesona Cinta Diantara Sesama Muslim.

Nabi sallallahu alaihi wa salam pernah menawarkan kepada para sahabatnya seraya berkata,

أولا أدلكم على شيء إذا فعلتموه تحاببتم‏؟‏ أفشوا السلام بينكم‏

Maukah kalian aku beritahukan sesuatu , jika kalian lakukan akan menumbuhkan pesona cinta sesama kalian? Tebarkanlah salam diantara kalian”. (HR. Muslim)

8. Membuat Orang Yahudi Jengkel.

Nabi sallallahu alihi wa sallam berkata, “ Tidak pernah orang yahudi itu merasa iri hati atas sesuatu yang kalian miliki seperti irinya mereka terhadap salam dan amin didalam sholat”. (HR. Ibnu Majah dan di Shahihkan oleh Sheikh Albani)

9. Mendapatkan 10 pahala bagi yang mengucapkan “Assalaamu alaikum”, dan 20 pahala bagi yang menambahnya dengan “wa rohmatullah”, dan 30 pahala bagi yang menambahnya lagi dengan “wa barokaatuh”. (HR. Abu Dawud dan di Shahihkan oleh Sheikh Albani).

10. Salah Satu Sebab Masuk Syurga.

Nabi sallallahu alaihi wa sallam berkata,

أفشوا السلام، وأطعموا الطعام، وصلوا الأرحام وصلوا والناس نيام، تدخلوا الجنة بسلام‏

Tebarkanlah salam, berilah makan orang yang membutuhkan, sambunglah tali silatu rahmi, salatlah diwaktu malam disaat manusia terlelap tidur, niscaya engkau akan masuk syurga dengan selamat”. (HR. Ibnu Majah dan di Shahihkan oleh Sheikh Albani)

Sahabat Abu bakar As Siddiiq Radhiallahu anhu pernah berkata, “jangan pernah engkau didahului orang dalam menebar salam”. (Sanad ini dikuatkan oleh Ibnu Hajar).

Ibnu umar radiallahu ‘anhumaa mengkisahkan bahwa dahulu kami mendatangi pasar hanya untuk menebarkan salam, kami tegur dengan salam setiap orang yang berpapasan dengan kami”. (HR. Malik, dan Imam Nawawi berkata, bahwa sanadnya sahih).

Pesan nabi sallallahu alahi wa sallam

وَتَقْرَأُ السَّلامَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ

Tebarkanlah salam baik kepada yang engkau kenal ataupun yang tidak engkau kenal”. (HR. Bukhari)

Wallahu ‘alam

Penulis, Abdul Aziz Bakhbazy, BA.